Wednesday, 28 January 2015

Memperoleh Tiket KAI Itu Mudah, Murah, & Nyaman

Contoh print out tiket asli Kereta Api Indonesia (2014)

Sekedar berbagi tips bagaimana caranya memperoleh  tiket Kereta Api Indonesia dengan mudah, murah & nyaman. Berikut hal-hal yang perlu diperhatikan ;
  1. Memperoleh tiket KA itu mudah tidak perlu repot-repot ke stasiun. Klik website https://tiket.kereta-api.co.id/ untuk pemesanan online. Atau melalui smartphone dengan mendownload aplikasi PadiTrain (blackberry, android, ios dan windows phone), aplikasi KAI Access dan beberapa aplikasi resmi lainnya. Atau bisa juga melalui agen/minimarket yang tersedia seperti Kantor Pos, Pegadaian, Alfamart, 7 Eleven, dll. Saya pribadi lebih suka pesan online sendiri. Gak ribet juga :)
  2. Berburu tiket KA dengan harga termurah, rencanakan perjalanan sejak jauh-jauh hari. Pembelian online dapat dilakukan maksimal 90 hari sebelum hari keberangkatan. Pemerintah telah menetapkan batas bawah dan batas atas tiket KA.  Harga tiket bergantung pada kelas, jarak tempuh, subkelas/posisi tempat duduk di dalam kereta, serta hari-hari tertentu seperti akhir pekan dan libur nasional. Menurut saya kelas ekonomi AC KAI itu cukup nyaman & murah (jika beli jauh-jauh hari).
  3. Pada saat pemesanan online perlu diperhatikan pengisian data-data berikut : stasiun keberangkatan, stasiun kedatangan, stasiun tujuan, waktu keberangkatan, dan jumlah penumpang. Pastikan kembali nama & no ID (KTP) terisi dengan benar. Terakhir memilih metode pembayaran . Rail Ticket KAI akan mengirim Bukti Pemesanan Internet, berisi informasi kode pembayaran, email tidak perlu dibalas. 
  4. Melakukan pembayaran dengan kartu debit melalui ATM Bank atau yang lebih simple melalui mobile banking/internet banking. Kebanyakan bank (Mandiri, BRI, BCA, BNI, dan bank lainnya) sudah memiliki fasilitas pembayaran online tiket KA. Hindari pembayaran dengan kartu kredit (Visa/Mastercard) karena akan dikenakan biaya tambahan kurang lebih sebesar 22.000 IDR.
  5. Kurang lebih satu jam setelah proses pembayaran selesai, Rail Ticket KAI akan mengirim email Bukti Pembayaran Transaksi PT. KAI. Berisi informasi kode booking dalam bentuk pdf. Pemesanan online selesai!!!
Ketika hari H, sebelum masuk ke peron stasiun keberangkatan pastikan bukti pemesan online telah ditukar ke bentuk print out tiket kereta api asli. Gak perlu repot-repot ngantri di counter tiket, cetak tiket sudah bisa dilakukan sendiri melalui mesin CTM (Cetak Tiket Mandiri) yang tersedia di stasiun tersebut. Caranya : isi kode booking, check informasi tiket, dan print apabila data diri kita yang terpampang di layar sudah benar. [Update, September 2016] saat ini KAI telah mengganti CTM jadi sistem Check-in Mandiri (CIM). Prosedurnya hampir sama dengan CTM, hanya beda pada tampilan tiket saja.

Dan terakhir, penting untuk membawa KTP atau identitas diri sesuai dengan yang tercantum di tiket kereta. Petugas akan memeriksa tiket print asli & KTP sebelum calon penumpang masuk ke peron dimana kereta telah siap untuk diberangkatkan.


Selamat berburu tiket kereta api kakak...!!
Have a nice trip!!!

No comments:

Post a comment