Wednesday, 7 May 2014

Perjalanan 15 Hari Menjelajah 5 Negara Asia Tenggara




Behind the Story...Inilah efeknya jika terlalu banyak membaca & mendengar cerita pengalamanan seru orang-orang yang pergi menjelajah ke berbagai daerah atau negara di bumi ini. Kemudian cerita itu akan menyebarkan virus mematikan yang membuat penasaran dan kita ingin mengalaminya sendiri.

Singapura, Malaysia, Thailand, Kamboja dan Vietnam merupakan negara-negara yang termasuk ke dalam kawasan Asia Tenggara. Singapura : negara kota yang modern, bersih, aman dan memiliki kemudahan akses transportasi hingga ke seluruh penjuru Singapura. Penang, Malaysia : jika ingin merasakan ramah tamahnya penduduk multietnik Malaysia maka datanglah ke Penang. Ho Chi Minh City, Vietnam : kota dengan ribuan sepeda motor yang memadatin jalanan namun tak pernah sepi dengan banyaknya turis asing yang berjalan kaki di trotoar jalanan kota. Phnom Penh, ibukota negara Kamboja yang membuat saya tersadar betapa bersyukurnya hidup di Indonesia. Siem Reap, Kamboja : terkenal ke penjuru dunia karena megahnya peninggalan peradaban "Angkor Watt". Bangkok, Thailand : kota yang membuat saya penasaran dengan gelarnya “one of the world’s top tourist destination”.

Saat ini banyak sekali maskapai berbiaya rendah/low cost yang memberikan harga promo ke negara tetangga tersebut. Sebagai contoh, Air Asia yang sering mengadakan promo super murah ke Kuala Lumpur, Mandala TigerAir ke Singapura, dan beberapa maskapai lainnya. Bahkan harga tiket ke luar negri  bisa 4 kali lebih murah dari jalur rute domestik Indonesia -_- . Dan dari Singapura atau Kuala Lumpur juga sering menawarkan promo tiket pesawat lanjutan ke negara lain. Untuk mendapatkan informasi promo tiket pesawat, ada baiknya untuk berlangganan newsletter maskapai tersebut melalui email. Saya mendapatkan tiket pesawat Jakarta-Singapore, Singapore-Penang, Penang-Kuala Lumpur-Ho Chi Minh City tidak sampai 1 juta rupiah.

Ringkasan perjalanan , 20 Agustus 2013 - 03 September 2013. 
Hari ke-1 : Jakarta – Singapura, dengan  penerbangan  Tiger Airlines 
Hari ke-2 : Singapura
Hari ke-3 : Singapura – Penang, dengan penerbangan Tiger Airlines 
Hari ke-4 : Penang
Hari ke-5 : Penang
Hari ke-6 : Penang – Kuala Lumpur  (transit) – Ho Chi Minh City, dengan penerbangan Air Asia
Hari ke-7 : Ho Chi Minh City
Hari ke-8 : Ho Chi Minh City. Dari kota inilah saya memulai rute perjalanan darat dengan bus lintas negara ke Kamboja hingga Bangkok (Thailand)
Hari ke-9 : Ho Chi Minh City – Phnom Penh, dengan  bus selama 6-7 jam
Hari ke-10: Phnom Penh. Phnom Penh – Siem Reap, dengan bus selama 6-7 jam
Hari ke-11: Siem Reap
Hari ke-12: Siem Reap – Bangkok,  dengan bus selama 12 jam normal nya sekitar 6  jam, hal ini terjadi karena bus yang saya tumpangin harus menunggu lama berganti bus menuju Bangkok di Aranyaprathet border (perbatasan Thailand – Kamboja)
Hari ke-13: Bangkok
Hari ke-14: Bangkok
Hari ke-15: Bangkok-Jakarta, dengan penerbangan Mandala TigerAir

No comments:

Post a comment