Friday 31 May 2013

South Korea - Nami Island

Nami Island atau Naminara Republic merupakan sebuah tempat wisata unik buatan pemerintah Korea Selatan. Pulau ini memiliki luas area sekitar 480.000 meter persegi. Bentuknya seperti daun yang mengambang di atas Danau Cheongpyeong. Nami berasal dari nama seorang jenderal bernama Nami yang dieksekusi oleh militer karena dianggap mengkhianati pemerintah King Sejo pada tahun 1455-1468. Sejatinya tuduhan kepada Nami itu salah karena sang jenderal tidak pernah terbukti berkhianat. Nami meninggal dalam usia yang sangat muda  yaitu 26 tahun. Nami Island semakin tenar namanya semenjak dijadikan salah satu lokasi syuting drama Korea "Winter Sonata", spot-spot lain di Nami Island ini juga sering muncul di banyak drama Korea.


How Go to Nami Island from Seoul...Dengan menggunakan transportasi umum, ada 2 cara menuju Nami Island dari Seoul.
Pertama dengan menggunakan shuttle bus 
Bus stop dari Seoul ke Nami Island ada 2 lokasi yaitu :
1. Insa-dong (Jonggak Station, Subway Line 1, Exit 3, nearby the West Gate of Tapgol Park)
2. Jamsil Station (Subway Line 2, Exit 4, at the front of Lotte Mart Nearby )
Schedule bus shuttle from Seoul to Nami Island is 09.30 am. From Nami Island to Seoul is 4.00 pm. Adult fee W 15.000 (round trip)/ W 7.500 (one way). Children fee W 13.000 (round trip)/ W 6.500 (one way).
Kedua dengan menggunakan subway (saya memilih cara kedua ini)
Sekitar jam 10.00 pagi, melanjutkan perjalanan dari Hoegi Station di Seoul ke Nami Island dengan menggunakan subway. Hoegi Station (Line 1) menuju Sangbong Station (Line 7/Junggang Line), dari station ini transit ke kereta Gyeongchun Line menuju Gapyeong Station. Perjalanan ke station Gapyeong sekitar 30 - 45 menit melewati banyak station. Sepanjang perjalanan, disuguhi pemandangan kawasan suburban yang tenang jauh dari kepadatan kota Seoul.

Pemandangan dari dalam kereta menuju Gapyeong

Di pintu keluar sebelah kiri Gapyeong Station terdapat tourist information untuk bertanya bagaimana cara termudah dan tercepat menuju ke Nami Island. Menurut informasi, untuk mengunjungi lokasi-lokasi wisata di daerah Gapyeong disediakan The Shuttle Bus for Tourist (Gapyeong Tour). Interval kedatangan bus setiap 1 jam sekali (start 09.10). Admission fee for one day W 5000 (adult) & W 3000 (children), tiket tour dapat dibeli langsung di dalam bus.

Route the Shuttle Bus for Tourist in Gapyeong :
Gapyeong Terminal --> Jaraseom --> Gapyeong Station Terminal --> Nami Island --> Petite France --> Cheongpyeong Terminal --> Cheongpyeong Station --> Morning Calm Arboretum --> back to Gapyeong Terminal.

Karena menunggu bus Tour Gapyeong masih lama sekitar jam 13.10 sesuai jadwal, naik taksi dari Gapyeong Station ke dermaga Nami menjadi alternatif. Harga naik taksi dari sekitarW 3000 (lebih murah kalau ada teman, bisa share harga).

Info mengenai "How to go to Nami Island", info lebih lanjut bertanyalah kepada petugas di tourist information 


Sampai di Gapyeong Wharf,  tiket penyebrangan ke Nami Island dapat di beli di counter Imigration Gate. Untuk foreigner admission fee included round-trip ferry fare sebesar W 8000. Ketika membeli tiket, si petugas bertanya asal negara saya, kemudian si petugas mengucapkan "Terimakasih" dalam bahasa Indonesia dan tersenyum.



Di dalam ferry penyebrangan, orang-orang sangat tertib tidak saling mendorong. Panorama yang dapat kita lihat dari sini berupa pepohonan pinus di sana terlihat masih meranggas di awal musim semi. Sebuah pemandangan negara empat musim yang pertama kalinya saya lihat.


Nami Wharf (rasa internasional dengan berbagai bendera negara)

Panorama di Nami Wharf

Pepohonan di Nami Island berupa jajaran pohon pinus, gingko, dan maple yang ditanam rapi disepanjang jalan.

 

No comments:

Post a Comment