Thursday, 10 May 2018

Bertandang ke Lokasi Syuting STJC, Jakarta

Bertandang ke Lokasi Syuting STJC
Jakarta, 2 April 2018....Meskipun tadi pagi saya baru saja tiba di Jakarta dan pakaian kotor hasil dari 5 hari trip ke Luang Prabang baru kelar dicuci, belum sempat istirahat, ehh sore ini saya harus cuss pergi ke Ancol. ’Af, kalau gak macet kira-kira satu jam lagi kita ketemuan di halte busway Ancol ya. Aku sdh naik busway nih!’’ begitulah pesan wa-ku pada Afni. 

Ngapain tiba-tiba ke Ancol kak? Anyway, Ancol itu mengingatkan saya pada kejadian 6 tahun yang lalu. Inilah salah satu tempat di Jakarta yang menyimpan sebuah kenangan atas kegilaan saya pada hal yang berbau Korea. Dari sekian banyaknya idol pop Korea yang meracuni jiwa saya sejak jaman kuliah, konser Super Junior lah boy band Korea yang pertama saya tonton. Hyaaa,,, dari boy band favorit saja bisa ditebak kan kak saya angkatan kuliah tahun berapa, hehe. Dan ABC Mall Ancol menjadi saksi bisu, momen heboh tak terlupakan saya kala itu. Dulu di lantai tiga mall tersebut sempat ada MEIS, sekarang mah sudah ditutup. Hari ini saya ke Ancol bukan dalam rangka ingin menonton konser boy band Korea dan bukan pula ingin main ke Dufan atau Seaworld. Hari ini saya ingin mewujudkan kehaluan saya pada sebuah sinetron Indonesia yang sejak 5 bulan lalu telah meracuni malam-malam saya.

Wait, sejak kapan kamu demen sinetron Indonesia kak? Ehmmm, kalau saya bercerita tentang awal mulanya, postingan ini akan sangat panjang. Sewaktu solo traveling ke Jeju bulan Januari yang lalu, bela-belain pulang ke hostel lebih awal demi untuk wi-fi an nonton streaming. Begitupun saat di Luang Prabang kemarin, juga sama, bela-belain pulang ke penginapan lebih awal demi untuk nonton streaming. Hadeuhhh,,,benar-benar korban sinetron mah si kakak. Begitulah secuil history betapa sinetron ini sudah meracuni malam – malam saya. Nah loh penasaran kan kak?

STJC aka Siapa Takut Jatuh Cinta!! Hayooo siapa di sini yang takut untuk jatuh cinta? Kalau si kakak mah nggak takut hanya saja belum bertemu jodoh. Laaaa kok malah curcol kak?. Berawal dari ketidaksengajaan menonton STJC, pandangan pertama saya langsung jatuh hati pada chemistry Leon Dara (Leora). Meskipun couple ini bukan pemeran utama namun entah mengapa akting mereka berhasil buat hati saya dag dig dug ser. Sebelumnya perasaan ini saya rasakan hanya ketika menonton drama romantis Korea. Jadilah keesokan hari dan seterusnya saya tak pernah ketinggalan cerita STJC demi untuk melihat scene Leora. Terlanjur sayang!!!

Tak bisa hatiku menafikkan cinta. Karena cinta tersirat bukan tersurat. Meski bibirku terus berkata tidak. Mataku terus pancarkan sinarnya’’ (Sahabat Jadi Cinta – Mike Mohede)……Backsound kebangsaannya Leora 😄

Selain suka dengan kisah cinta Leora yang dari hari ke hari selalu buat penasaran, saya juga suka dengan setting lokasi STJC yang memang membuat mata termanjakan. Bila memang setting lokasinya ceritanya di restoran mewah memang yaa memang beneran syuting di restoran mewah yang punya panorama oke punya. Bila memang setting lokasinya ceritanya di pantai memang yaa memang beneran syuting di pantai. Gara-gara STJC, baru kali saya ngeh kalau pantai di Ancol itu oke juga ternyata.

Keinginan untuk melihat langsung ke lokasi syuting (loksyut) STJC pun timbul. Begitulah betapa spesialnya Leora, saya yang garis keras pecinta K-drama selama lebih dari satu dasawarsa tiba- tiba saja jatuh cinta dengan sebuah sinetron Indonesia. Lokasi syuting drama Korea nun jauh di sana saja dijabani, masak iyaaa  STJC yang loksyutnya di Jakarta nggak sempat dikunjungi. Manatahu sekalian bisa menciduk video atau foto-foto behind the scene nya pemeran Leon Dara. Padahal mah modus kak. ’Bilang saja mupeng ketemu langsung sama Bryan & Ersya’’.

Baiklah, jauh – jauh hari sebelum bertandang ke loksyut STJC, saya memang sudah mencari informasi tentang lokasi penggambilan gambar sinetron ini. Loksyut STJC hampir semua berlokasi di kawasan Ancol, Jakarta Utara. FYI, untuk masuk ke Ancol pengunjung dikenakan tiket 25.000 IDR per orang. Belum termasuk tiket masuk bagi yang membawa kendaraan sendiri ya kak. Informasi lebih lanjut klik di sini.  

So dimana sajakah loksyut  STJC di Ancol? Let's check out !!!


Mercure Convention Center Ancol 
Yesss,, inilah base camp nya para kru dan artis pemeran STJC. Mulai dari sudut jalan raya sekitar hotel, area parkir, halaman depan hotel, lobi, restoran, kolam renang, garden, ruang meeting, ballroom, lift, hingga kamar hotel menjadi lokasi utama penggambilan gambar sinetron STJC. Kalian pasti hafal setting dalam rumahnya ibu Rani Ritonga Adijaya, orang tuanya Vino yang tajir melintir itu nah Mercure Hotel Ancol tempatnya. 

Mercure Convention Center Ancol (sumber gambar : booking.com)

Menginap di hotel bintang 4 ini kita harus merogoh kocek paling murah mulai dari 600-an ribu per malam. Wuihhh sebagai seorang traveler hemat ya bagi saya gak murah – murah amat ya kak, hehe. Saya dan Afni pun memulai penjelajahan kita hunting cidukan loksyut STJC dari hotel ini. Untungnya saja saya punya diskon khusus dari akun booking.com saya. Ya sekalian memanjakan diri untuk menginap semalam di sini, tak ada salahnya.

Dan benar saja, baru selesai check in dan mau naik lift ke lantai 6, sudah berpapasan dengan beberapa orang kru STJC. Ehhh ketemu dengan Bianca, Pak Bimo, Annabella, Sean, Laras dan beberapa artis pemeran pendukung STJC. Dan senangnya ternyata kamar kita satu lantai dengan loksyut STJC. Pantas saja dari tadi wara-wiri ketemu dengan para kru dan artis pemeran STJC. 

With a humble person ''Pak Bimo''. Kalah tinggi kita 😁

Garden dan kolam renangnya langsung menghadap pantai utara Jakarta. Memandang panorama perairan Jakarta dari balkon kamar begitu menyenangkan, kontras berbeda dengan penatnya  suasana jalanan ibukota di luar sana. Pilihan menu sarapan pagi yang disuguhkan, jujur membuat kita bingung memilih, ya gak Af?. Saking banyaknya pilihan dan kelihatannya enak-anak semua. Mulai dari menu sarapan pagi ala western, oriental hingga lokal ada di sini. Begitulah sedikit review dari saya tentang hotel ini. Pokoknya hotel ini mah recommended bagi kalian yang ingin merencakan liburan weekend di kawasan Ancol, Jakarta. Kayaknya selama STJC masih tayang, next kalau saya cuti kerja maunya nginap di sini lagi. Hehe, padahal modus ingin hunting cidukan Leora. Informasi lebih lanjut tentang Mercure Convention Center Ancol, klik di sini.

Semalam di sini...
Ocean View
Kolam renang langsung menghadap pantai utara Jakarta. Sayangnya ke sini diportal karena ada konstruksi persiapan Asian Games 2018

Pasar Seni Ancol
Dari Mercure kita melipir ke Pasar Seni. Tak jauh, hanya sekitar 800 meter atau sekitar 10 menit jalan kaki. Kalau jalan kaki malam-malam di sini harus ada teman ya kak karena penerangan jalanan di sini agak remang-remang. Agenda utama kita ke sana yakni bertandang ke DnA café & resto yang berada persis di menghadap jalan raya, gerbang utara Pasar Seni Ancol. Kalian yang mengikuti STJC dari episode awal pasti tahu set DnA café & resto. Café yang memiliki interior artistik ini sebelumnya bernama Restoran Ahua kepunyaan Bos Ahua, tempat kerja Laras dulunya. Bos Ahua ini tokoh favorit saya lainnya di STJC setelah couple Leora. Kakak mah pengen ketemu langsung dengan Bos Ahua dan ingin belajar melucu sama bos. Hahaha, ngomong apa sih kak. Habisnya si Bos Ahua ini lucu pakai banget. Jujur, belum dialog saja, lihat mimik dan kelakuan Bos Ahua saja sudah buat ngakak. Apalagi kalau satu scene bareng Lola, bawaannya pasti gelut mulu. Aihhh kok malah bahas si Bos Ahua

 
 DnA Cafe & Resto

Kembali ke DnA cafĂ© & resto… Meskipun sekarang cafĂ© ini tak digunakan lagi sebagai set pengambilan gambar STJC, saya tetap bersemangat berkunjung. Dan ternyata saat ini pun namanya tetap dipertahankan DnA cafĂ© & resto dan memang beneran cafĂ© yang menjual berbagai pilihan makanan, kopi & berbagai cemilan nusantara. Saya & Afni pun nongkrong di sini, makan malam sembari nonton STJC yang memang kebetulan lagi tayang. So far harga yang ditawarkan cukup terjangkau. Saya jadi teringat perkataan Leon kepada Dara ketika mau membuka kembali Restoran Ahua menjadi DnA cafĂ© & resto, konsep cafĂ© ini instagramble enak buat nongkrong dan harganya terjangkau buat kantong anak-anak muda. So, kita saja suka nongkrong di sini. Malah ngajak adiknya Afni & pacarnya untuk join nongkrong bareng di sini saking cozy nya cafĂ© ini.

Pantai Indah Ancol
Pelataran mengadap pantai sepanjang jalan Pantai Indah Ancol dimulai dari Restoran The Pier Kalaha hingga Monumen Ancol, di sinilah kita menghabiskan waktu sebelum tengah malam balik Mercure. Lokasinya juga tak jauh dari Mercure, tinggal jalan kaki ke arah barat. Jangan takut tersesat kak, ada banyak penunjuk arah kok di sini. Saat ini Restoran The Pier juga sering menjadi loksyut STJC. Sayangnya kita ke sini sedang tak ada syuting jadinya kita pun gak masuk ke dalam. Anyway restoran yang dimanajer-in oleh bos Ahua itu aslinya di dunia nyata memang benar-benar restoran loh kak. Panorama kala malam seperti yang sering kalian lihat di STJC, aslinya benar-benar mempesona. Kece!!! Gemerlapan lampu hias berlatar laut utara Jakarta dan tingginya gedung pencakar langit nun di sana menjadi panorama khas kawasan Pantai Indah Ancol ini. Sangat cocok buat santai girls time ala Laras Dara Sonya. Hayooo, siapa yang ingat episode berapa ketika mereka girls time di pantai untuk pertama kalinya. Seru habis bukan? 

 
Girls time....
 
Ancol Beach City Mall (ABC) 
Jakarta, 3 April 2018....Siang ini kita melanjutkan misi menciduk loksyut STJC ke ABC Mall. Bagi kalian yang tak membawa kendaraan sendiri, sangat gampang kok menjangkaunya kak. Dari The Pier, kita naik bus wara-wiri jalur utara Ancol dari shelter halte Danau Monument hingga ke pemberhentian terakhir di ABC Mall. Kalau mau jalan kaki mana sanggup kak, jauhnya bukan main sekitar 3 kilometer-an. Apalagi Ancol panasnya mentereng dikala siang.

Set Palm University

Selain Mercure, ABC mall ini juga merupakan set utama dari STJC. Area lantai dasar lobi selatan mall ini disulap menjadi Palm University. Yapp, di sinilah set kampus nya para pemain STJC. Dan menjadi lokasi set utama pengambilan gambar STJC setelah Mercure. Tak hanya bagian lobi selatan, parkir, restoran, tok-toko dalam mall hingga pantai yang berada di lobi utara ini tak luput dijadikan set pengambilan gambar STJC.

Senyum Dara 😁

Dan kita beruntung, setelah jam makan siang, kita bisa melihat proses syuting set Palm University. Hampir seluruh cast STJC sedang syuting di sini. Terspesial akhirnya bisa melihat langsung my romance couple, Leon Dara take STJC. Jujur, seumur hidup inilah pertama kalinya saya melihat secara langsung proses syuting sebuah sinetron Indonesia. Dapat pengetahuan baru bagaimana seorang artis take scene di depan kamera. Dibalik itu semua ada puluhan kru yang wara-wiri sibuk demi untuk menyukseskan proses syuting. Tak mudah & ribet. Reminder buat saya, bila nantinya saya kecewa dengan jalan cerita yang tak sesuai harapan, saya harus ingat yang saya lihat hari ini. Tak mudah prosesnya menghasilkan episode demi episode sinetron kesayangan saya ini. Banyak proses. Semua kru dan para artis telah bekerja maksimal agar hingga hasilnya dinikmati oleh pemirsa. Bahkan sampai tengah malam mereka masih saja syuting di kala saya sudah tidur nyeyak. Ahhh,,thanks STJC, aku belajar hal baru darimu.

Menghayal jadi mahasiswi Palm University
Pantai Lagoon Ancol
Panorama pantai memang menjadi set paling sering muncul di STJC. Nah, pantai ini juga sering muncul dalam set penggambilan gambar STJC. Lokasinya tak jauh dari ABC Mall, dari lobi utara tinggal jalan kaki. Setelah sekian lama gak ke sini, saya baru menyadari  bahwa wajah pantai ini sudah jauh berubah dari sebelumnya. Lebih bersih dan terawat.

Dermaga dekat ABC (Ancol Beach City) Mall

Oke kak sampai di sini dulu ulasan saya tentang lokasi syuting STJC. Sebenarnya masih banyak lagi lokasi dalam kawasan Ancol ini yang menjadi set pengambilan gambar STJC seperti Allianz Ecopark, taman favorit tempat keluarga Dara olaharga lari pagi, lokasi stand penjualan susu LnD Leora, taman romantis Leora bersepedaan atau sekedar duduk santai makan ice cream. Wuihh hafal banget mah kakak. Dan masih banyak loksyut STJC lainnya. Berhubung keterbatasan waktu, belum sempat menguliknya, saya harus pulang ke Pancawarga. Next time bila bermain lagi ke Ancol, saya akan mampir. Ya sekalian mencari cidukan baru couple kesayangan. Semoga episode STJC panjang dan ceritanya makin seru. Amin....

Hayoo yang kebetulan nyasar di postingan blog saya ini, pasti lah penggemar STJC. Ya kan? Kalian fans nya Leora, Vinola atau Soza?  Penasaran dengan loksyut STJC atau mau langsung ketemu para artis pemerannya, cuss langsung ke Ancol ya kak!

Peta Lokasi Syuting STJC - Ancol, Jakarta

No comments:

Post a Comment