Wednesday 1 July 2015

Popularitas Mao Zedong Dalam Lembaran Uang China

Travelerpasti tahu kan nama mata uang China? Ya, namanya yuan (元) atau nama lainnya renminbi (RMB). Renminbi menurut Merriam-Webster terdiri dari kata renmin = rakyat, bi = mata uang. Jadi renminbi artinya adalah mata uang rakyat. Pihak yang berwenang untuk mencetak uang adalah The People’s Bank of China. Dan kode mata uang yuan di bank adalah CNY, singkatan dari Chinese Yuan. Pecahan yuan kertas atau banknote yang saat ini beredar terdiri dari  nilai  1 CNY, 5 CNY, 10 CNY, 20 CNY, 50 CNY, dan 100 CNY. Nilai terkecil yuan kertas yaitu 5 Wu Jiao atau setara 0,5 CNY , 2 Er Jiao atau setara 0,2 CNY dan 1 Yi Jiao atau setara 0,1 CNY. 

Ketika menggunakan yuan sebagai alat pembayaran tunai di China, ada sesuatu di uang tersebut yang sangat menarik keingintahuan saya. Karena setiap melakukan transaksi pembayaran, wajah di bawah ini selalu ada di uang kertas China berapapun nilainya. Kepopuleran sosok wajahnya membuat saya hafal dan sejenak membuat saya lupa pada wajah selebritis Korea favorit saya.


Ada yang tahu siapakah sosok dalam mata uang kertas China tersebut?. Seperti negara lain yang selalu menampilkan wajah tokoh/figur/pahlawan nasional di lembaran uang kertas negaranya. Contohnya negara kita Indonesia, dimana setiap pecahan uang kertas rupiah menampilkan tokoh yang berbeda. Namun di China, hanya wajah tokoh ini saja yang akan kita lihat di setiap uang kertas yuan dari pecahan uang kertas  1 Yuan hingga 100 Yuan. 

Di setiap sisi muka uang China bernilai 1 yuan hingga 100 yuan terdapat wajah Mao Ze Dong (1893-1976)

Nama tokoh tersebut sebenarnya sudah ada tertulis di bawah gambarnya. Namun karena saya tidak bisa membaca tulisan China. Bertambahlah penasaran saya. 

Ia adalah Mao Zedong. Ahh iyaa saya ingat zaman saya sekolah dasar dulu, buku IPS menulis nama tokoh China ini dengan Mao Tse Tung. Siapa dia? Berikut biografi singkatnya, dikutip dari  www.wikipedia.com.

Mao Zedong (毛澤東) adalah seorang tokoh filsuf, pendiri negara Republik Rakyat China. Dia adalah seorang tokoh yang dianggap paling berjasa dalam sejarah China modern. Lahir di Shaosan, Provinsi Hunan, 26 Desember 1893 dan meninggal di Beijing, 9 September 1976. Terlahir di sebuah keluarga petani miskin dan hidup prihatin tak membuat Mao Zedong mengenal kata menyerah. Mao bekerja keras untuk melanjutkan pendidikannya hingga lulus kuliah di Beijing. Hingga ia akhirnya ia menjadi seorang pendiri sekaligus pemimpin politik partai komunis China. Tepatnya pada tanggal 1 Oktober 1949, Republik Rakyat China sebagai negara berideologi komunis resmi diproklamirkan oleh Mao Zedong. 

Semasa pemerintahannya (19 Juni 1945 - 9 September 1976) Mao melakukan manuver sosial-politik yang revolusioner dan sangat berani pada zamannya. Salah satu program ambisius Mao yaitu Great Leap Forward yang tujuan membangkitkan ekonomi Cina melalui sektor industrialisasi secara besar-besaran dan memanfaatkan jumlah tenaga kerja murah. Namun, langkah ini justru menjadi bencana, kelaparan dan kematian justru menimpa rakyat Tiongkok sepanjang proyek berlangsung. Dan masih banyak lagi program revolusi yang diterapkan semasa pemerintahan Mao Zedong seperti Revolusi Kebudayan, bidang militer, dll. 

Pada tahun 1976 Mao Zedong meninggal dunia. Hubungan internasional Republik Rakyat China yang sebelumnya sangat tertutup berubah menjadi lebih terbuka. Saat ini China tampil sebagai sebuah raksasa baru dengan pertumbuhan ekonomi paling pesat di dunia. Hal yang diperdebatkan hingga sekarang adalah apakah ini semua diraih China berkat pengaruh Mao Zedong. Itulah China!! Yang jelas bagi China popularitas sosok Mao Zedong masih kokoh tergambar di setiap lembaran mata uang China yang beredar hingga kini.

Patung Mao Zedong di Lijiang, Provinsi Yunnan, China

2 comments:

  1. AWW. Gurau, Emangnya, berapa ketentuan panjang-lebar cerita adik, atau belum bercerita.? Mohon maaf, ya dan terima kasih.

    ReplyDelete
  2. Beliau meninggalkan sebelum diriku nongol ke bumi :)

    ReplyDelete