Saturday 8 November 2014

Biaya Perjalanan 13 Hari Keliling India Utara

Pulang traveling dari suatu tempat, yang ditanya teman pertama kali sebagian besar "Habis berapa duit jalan-jalan kesana?" Hayoo,, teman saya yang sering bertanya demikian tunjuk tangan :D. 

"India adalah salah satu negara tujuan backpacking yang paling murah di dunia". Yapp, setelah membaca sebuah artikel yang cukup lantang dengan kata "murah" tersebut, saya semakin mantap untuk mengunjungi negri Bollywood dengan backpacking. Hayoo, yang merasa suka dengan biaya murah, angkat kaki. Ehh,, angkat kaki untuk traveling ke India maksudnya. 

Kembali saya membuka catatan biaya pengeluaran selama 13 hari keliling sebagian daratan India bagian utara. Berikut rinciannya....


Total pengeluaran selama 13 hari keliling india sekitar 4 juta lebih. Saya hanya menghitung pengeluaran untuk transportasi, penginapan, makan & minum (setelah melihat catatan ini, saya baru sadar pada hari ke-9 dst, frekuensi makan & ngemil meningkat :), hmm... efek kelelahan mungkin), VoA, dan lain-lain yang dianggap penting. Sebenarnya masih ada tambahan pengeluaran untuk shopping :), hal-hal kecil seperti bayar masuk toilet umum yang aslinya saya gak ingat berapa kali (yang jelas sekali masuk toilet 5 Rupee #India), pengeluaran tak terduga akibat scam :| , dan lain-lain. 

Pengeluaran di atas tidak termasuk : 
1. Tiket pesawat : Jakarta- Kuala Lumpur - Kolkata (pergi), New Delhi - Singapore - Jakarta (pulang) 
2. Tiket kereta api India (pesan online di Indonesia ): Kolkata - New Delhi, New Delhi - Jammu Tawi, & New Delhi - Agra (pp) 
3. Pengeluaran transportasi dari rumah ke Bandara Soekarno Hatta (pp) & airport tax 150.000,- IDR 
4. Pengeluaran selama transit di Kuala Lumpur & Singapore

Download Biaya Perjalanan 13 Hari Keliling India Utara di sini!. Semoga catatan di atas bisa memberikan gambaran untuk mengestimasi budget kakak-kakak sekalian yang berencana traveling ke India. 

Baca juga --> Tips-Tips Backpacking Murah Keliling India ala Mbak Zulfa :D

Sukriyaa :)
Khairani Ritonga

No comments:

Post a Comment