Friday 12 July 2013

South Korea - Flight from Seoul to Jeju Island by Air Busan

Jalan-jalan ke Korea Selatan gak afdol rasanya kalau tidak mengunjungi Jeju Island. Daftar tempat wisata yang sejak lama ingin saya kunjungin. Tepatnya sejak saya menonton drama Korea favorit saya "All In" di tahun 2003.

Kemudian saya mencari di google "what routes people have taken to getting to Jeju". Cara tercepat (mengingat waktu liburan saya di Korea terbatas) dan tentunya termurah. Berbagai opsi saya temukan :

1. By Flight from Seoul/Busan : Ada beberapa pilihan penerbangan langsung dari Seoul/Busan ke Jeju yaitu budget airlines seperti Jeju Air, Air Busan,Easter Jet, dan Korean Airline, Asiana Airline (more expensive than budget airlines). Flights from Gimpo Aiport (Seoul) to Jeju takes about 1 hour. Peak season for Jeju is summer, especially the first week of august. Tentunya pada waktu tersebut harga tiket pesawat ke Jeju bisa dipastikan mahal.

2. Take the KTX to Busan, or another town on the south coast and then take a ferry to Jeju. Takes a long long time maybe 3-4 hours by KTX. Then 11 hours for ferry from Busan to Jeju. Schedule: Monday - Saturday , 7pm departure both to and from Jeju port. Dengan harga tiket ferry termurah W 39.000 one way.

3. If you can get to Mokpo, the ferry is just over 5 hours : ekonomi tickets cost around  W 25.000 one way.

4. Take the ferry directly from Incheon to Jeju, duration takes 13 hours and 30 minutes. Sebuah perjalanan yang sangat lama untuk menyusuri laut Korea dari barat ke selatan.

Menurut saya opsi 2,3,4 sangat menghabiskan waktu yang sangat lama. Rekomendasi terbaik adalah opsi pertama dengan penerbangan langsung dari Seoul. Kemudian saya mencari tiket-tiket promo dari list maskapai yang ada. Mulai gencar-gencarnya mencari info di awal Desember (4 bulan sebelum keberangkatan).

Tips : Registrasi di website maskapai supaya mendapat informasi penawaran khusus/harga tiket promo maskapai tersebut melalui emai.

Dan saya mendapat tiket Air Busan : Gimpo, Seoul - Jeju, penerbangan tanggal 4 April 2013. Harga tiket  W 36.800 atau sekitar IDR 330.000, sudah termasuk airport tax (Passenger Service Charge) dan free baggage allowance 15 kg. Termasuk murah bukan?. Check- in bisa dilakukan secara online dan bisa memilih seat yang kita inginkan. Kamsahamnida Air Busan!! Maskapai Korea pertama yang saya tumpangin.


 Boarding Pass : the lucky seat "1F"

Gimpo International Airport (GMP) : the second largest airport in Korea after Incheon International Airport

View from "garbarata" waiting room Gimpo Airport

Pertama kali melihat penerbangan sekelas budget airlines fasilitas beginian . Peragaan safety flight, flight info : location, map, weather, dan lain-lain di tampilkan dengan ini (apa ya' namanya). Lokasinya  berada di atas masing-masing kursi penumpang pesawat.


Sunset di ketinggian 36,000 feet ....Terbang di atas daratan Korea

No comments:

Post a Comment