Monday 30 June 2014

Unforgettable Penang - 22.08.2013

Penang itu mengingatkan saya….
Pertama kali solo traveling.
Pertama kali menjadi guest couchsurfing di tempat orang lokal Malaysia.
Bertemu dengan driver perempuan Rapid Penang yang baik hati ketika perjalanan pulang di malam hari ke Taman Pekaka. 
Mupeng lihat orang jalan berdua dengan pasangannya di Bukit Bendera :D
Yang terakhir rasanya ingin diabaikan tetapi tetap gak bisa #lol
Dan banyak kenangan lainnya. Traveling itu membuat kamu bertambah kaya pengalaman dan cerita hidup.

Ceritanya…
Di Singapura sebelumnya, saya mempunyai teman jalan kemana-mana yaitu Ummi, Winda dan Tika. Ke Penang pertama kalinya saya benar-benar memulai perjalanan seorang diri. Ini adalah pengalaman pertama saya solo traveling ke luar negri. Saya sengaja untuk tidak terlalu serius mencari teman jalan dari Indonesia karena saya benar-benar ingin merasakan pengalaman yang berbeda dengan jalan-jalan sendiri.

Saya pun mencari teman baru, host “orang lokal" Penang, dari situs couchsurfing. Seseorang yang bersedia memberikan saya tempat tinggal gratis selama saya di daerah tersebut, sekaligus menjadi teman sharing info rekomendasi tempat yang menarik untuk diunjungi. Adalah Rafizan “couchsurfer Penang”, sebulan sebelum keberangkatan telah mengiyakan bahwa dia bersedia menjadi “host saya”. Mendapat teman baru, berpikir bebas kemana saja tanpa batasan waktu, berinteraksi dengan penduduk lokal adalah pengalaman yang ingin saya rasakan.

Pesawat Tiger Airways dengan nomor penerbangan TR 2422 membawa saya terbang dari Changi International Airport  ke Bayan Lepas International Airport. Penerbangan dari Singapura ke Penang kurang lebih 1.5 jam. Menjelang jam 06.00 sore waktu Penang (tidak ada perbedaan waktu antara Singapura dan Penang), kapten pilot menurunkan ketinggian sehingga daratan Malaysia mulai terlihat dan semakin mendekati Pulau Pinang (Penang Island) tujuan saya. 

 
Daratan Semenanjung Malaysia dari Ketinggian   

 
George Town view from here

 Alhamdulillah, Selamat Datang di Penang

Setelah selesai dengan urusan imigrasi dan pengambilan bagasi, saya menuju arrival exit. Di pintu keluar bandara, saya mengambil peta & beberapa brosur info wisata yang tersedia gratis di Tourist Information. Kemudian membeli kartu perdana Malaysia “Hotlink” beserta paket internet 30 RM. Rafizan memberi tahu bahwa kami akan bertemu di Queensbay Mall. Bus station  “Rapid Penang “ terletak tidak jauh di luar arrival hall airport ini. Untuk mencapai Queensland Mall saya menaiki bus U401E ( alternative lain : Rapid Penang Bus No. 304, 306, 307, 308, 309,) dengan harga tiket sebesar 2 RM dibayar di dalam bus. Bus dari airport menuju George Town berdurasi setiap setengah jam.

Perjalanan menuju Queensbay Mall sekitar 20 menit. Mall ini termasuk pusat perbelanjaan termegah di Penang. Letak mall persis berhadapan dengan Selat Malaka dan tidak jauh dari sini terlihat Jembatan Pulau Pinang.Menghabiskan waktu di sekitar Mall sambil menikmati sunset dekat pantai sembari menunggu Rafizan selesai bekerja. Dan ternyata, saya banyak menemukan pendatang dari daerah saya (Sumatera Utara) di sini yang sangat mudah dikenali karena logat berbicara mereka terdengar sangat akrab di telinga saya #lol.Oh iya, seorang Cs’er dari Cheko bernama Luci juga menjadi guest Rafizan (bersamaan dengan kedatangan saya di Penang).

Kami di antar satu persatu naik motor menuju apartemen Rafizan di daerah Taman Pekaka. Malamnya kami pun makan malam di sebuah warung street food  tidak jauh dari apartemen Rafizan. Bercerita tentang traveling. Rupanya Luci juga seorang solo travelerSebelum ke Penang, dia telah mendatangi negara-negara Indochina (Vietnam, Kamboja, Thailand). Wuahh,, kebetulan sekali setelah Penang saya akan mengunjungi negara-negara tersebut.


 Rafizan, host "couchsurfing" saya selama di Penang

Pulau Pinang, 22 Agustus 2013

No comments:

Post a Comment