Friday 26 April 2013

South Korea - Flight to Seoul with Garuda Indonesia

Terbang ke Korea Selatan dengan tiket  Garuda Indonesia seharga USD 376.1 pulang pergi. Tiket promo ini saya booking tanggal 19 September 2012. Kalau ditukar ke rupiah sekitar 3,7 jt-an (kurs 1 USD : 10.000,- IDR). Harga tiket promo Garuda tersebut termasuk murah untuk maskapai sekelasnya. Biasanya harga tiket normal ke Korsel dengan Garuda sekitar 7 jt-an pp. Tak ingin menyia-nyiakan kesempatan promo saya pun langsung book tiket Jakarta- Incheon pp. Keinginan untuk menginjakkan kaki di negri ginseng sejak lama akhirnya terwujud. Terimakasih Garuda Indonesia, sering-sering tiket promo ya', terutama ke Korea :D .

Sebelum keberangkatan ke Korea, ada baiknya check temperatur udara di aplikasi weather.com. Penting mengetahui keadaan cuaca disana sebagai referensi barang bawaan (baju) agar tidak saltum. Gak lucu kan kalau daerah yang kita datangin sedang dingin-dinginnya, baju yang kita bawa malah berbahan tipis.

Dari 28 derajat celcius menuju 8 derajat celcius

Dengan temperatur 8 derajat celcius selama 10 hari di Korea, saya hanya membawa 2 ransel saja!! Efek gak mau ribet.

Tak mau terjebak kemacetan Jakarta di pulang kantor, sekitar jam 4 sore saya sudah meluncur menuju bandara #terlalusemangatsekaliyakak :)). Beberapa menit taksi yang saya tumpangin berjalan, hujan deras tiba-tiba turun. Jadilah hujan sebagai backsound perjalanan menuju bandara #lol. Tiba di Terminal 2E Soekarno Hatta Airport memang masih terlalu cepat untuk penerbangan saya ke Seoul. No problem, jadi saya bisa bersantai sejenak. Sekitar jam 8 check in counter Garuda Indonesia dibuka, saya pun check in, dengan senyum ramah mbak konter GA menanyakan apakah saya mau duduk di bangku dekat jendela. Dengan senang hati saya mengiyakan...hehee, beberapa jam ke depan saya akan melihat langit Korea.

Sekitar jam 20.00 WIB menuju gerbang imigrasi, antrian tanpak begitu panjang, ternyata ada serombongan anak-anak muda berjaket hitam dengan tanda bendera RI di saku baju atas. Hmmm,,Korea memang menjadi salah satu tujuan pekerja Indonesia. Dulunya saya juga berharap, suatu hari bisa kuliah/bekerja di Korea. Malah jadinya turis ke Korea, oke apapun itu tetap saya syukurin, walau keinginan itu belum hilang.

Kemudian masuk ke ruangan boarding, hanya ada saya dan 2 orang tua Korea di ruangan tersebut. Ternyata setelah sekitar 5 menit, petugas menginformasikan bahwa boarding room dipindahkan. Menunggu waktu pesawat take off 23.30, saya memperhatikan sekeliling boarding room, bau-bau Korea mulai terasa. Di depan saya ada sekitar 3 orang cewek dan 1 cowok Indonesia #mungkin seumuran saya, mungkin sama seperti saya melakukan perjalanan wisata. Saya hanya senyum-senyum sendiri mendengar cerita mereka yang sedang asik ngobrol tentang Korea (karena saya pergi hanya seorang diri ke Korea T_T #sungguh berani ). Ada lagi ibu-ibu & bapak-bapak Korea mungkin baru saja selesai dari perjalanan bisnis nya di Jakarta. Yayaaa,,setiap orang di ruangan ini pasti punya cerita di balik perjalanan Jakarta - Seoul yang di depan mata ini. Tapi kok saya belum melihat oppa-oppa ganteng ala-ala drama Korea ya'....(korban K-drama, lol).

Sekitar 22.50 WIB petugas memanggil untuk segera masuk ke pesawat. Hyaaaa,,,Korea, I'm ready go!!. Akhirnya duduk di pesawat yang akan membawa saya 7.5 jam ke depan sampai di Korea. Di samping saya duduk ahjussi Korea yang tampilannya gak jauh beda seperti di drama (style berjas).

Bangku kelas ekonomi Garuda Indonesia terisi penuh, sebagian besar warga Korea.Hmmm,,dari informasi yang saya baca GA termasuk kategori tempat duduk kelas ekonomi 10 besar terbaik dunia, di atas Korean Air. Woww, tak heran banyak orang Korea di pesawat ini. Saya jadi ingat tahun lalu, sewaktu Super Junior konser SS4 di Jakarta, mereka juga menggunakan maskapai Garuda (flight number GA878 & GA879), sama dengan yang saya naiki sekarang (info ini benar-benar gak penting ya').

Akhirnya pesawat take off, di ketinggian 39.000 kaki inflight entertainment sangat membantu untuk mengusir kejenuhan di pesawat, mata tidak bisa terpejam, mungkin terlalu senangnya kali ya'. Di saat lampu dalam kabin dimatikan, di saat penumpang lain sedang istirahat, saya malah asyik memilih-milih hiburan infilght , ganti dengar musik, ujungnya nonton MAMA (Mnet Asian Music Awards) 2012.

East China Sea from sky *maybe* :)

Sekitar jam 06.00 waktu di udara,  melihat di luar jendela pesawat, langit menjelang pagi, sangat indah  ahhh benar2 ini penerbangan terjauh yang pertama kali saya alami.  Pramugari kemudian memberi pengumuman bahwa sesaat lagi adalah waktu breakfast

Breakfast Menu GA-878

Beberapa saat sebelum pesawat landing, pilot memberi sedikit info tentang penerbangan, bahwa beberapa saat lagi akan turun dari ketinggian 39.000 ft. Ahhhh, saya sudah di langit Korea. Daratan korea memang tidak kelihatan, hanya ada penampakan putih di luar sana. Hal ini karena temperatur yang rendah. Dilaporkan bahwa suhu di darat sekitar 4 derajat celcius...Huahhh,,saya belum pernah membayangkan bagaimana hidup dengan suhu begitu.

Ketika waktu landing hampir tiba, akhirnya saya melihat lebih dekat daratan Korea dengan warna yang sangat mencolok kecoklatan, pohon-pohon tidak berdaun, sisa-sisa musim dingin). Sekitar 8.30 pagi Korean Time (perbedaan waktu Jakarta dan Incheon, Korea adalah 2 jam), pesawat landing dengan mulus di Incheon International Airport. "Korea, Here I'm ."